[TERBARU] Contoh Teks Anekdot Penjelasan Struktur Analisis Lengkap

By | January 28, 2017

Contoh Teks Anekdot ~ Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan negara Indonesia sehingga hampir semua suku bangsa di Indonesia sudah menguasai bahasa ini, ada beberapa teknik penulisan bahasa Indonesia yang memang diperlukan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia salah satunya adalah membuat teks anekdot. Susunan teks ini juga bisa dikategorikan sebagai seni dalam mengolah kata-kata atau bahasa Indonesia menjadi sesuatu yang lebih bermakna.

Teks Anekdot itu sendiri adalah sekumpulan kata yang membentuk cerita yang memang tidak terlalu panjang dan sifatnya sangat ringan sehingga bisa dengan mudah menarik perhatian para pembaca termasuk mereka yang sebelumnya kurang begitu tertarik dengan dunia membaca. Anekdot dibuat untuk menghibur sekaligus untuk menyatakan suatu gagasan atau pendapat tentang kejadian yang ada di sekitar sehingga tidak heran apabila ada beberapa orang yang mungkin akan merasa sedikit tersinggung dengan adanya teks anekdot ini. Tetapi yang perlu diingat adalah teks anekdot tidak akan merendahkan orang lain Tetapi hanya bersifat mengingatkan sehingga siapapun kita yang membaca teks anekdot ini diharapkan tidak memandang sinis karena memang sifatnya hanya menghibur.

Untuk Anda yang saat ini tengah mengamati jenis-jenis teks yang disusun dalam bahasa Indonesia dan salah satunya mungkin sedang mencari teks anekdot berikut ini akan dipaparkan mengenai ciri-ciri dari teks anekdot tersebut. Teks anekdot merupakan sebuah cerita yang ada kelanjutannya akan sangat mirip dengan dongeng sehingga bisa jadi Akan terdapat beberapa tokoh cerita yang berkaitan dengan kisah-kisah dongeng sehingga sifatnya memang sedikit imajinatif.

Untuk mendukung cerita anekdot ini biasanya juga menggunakan tokoh hewan untuk dijadikan sebagai perumpamaan tokoh manusia, diharapkan dengan perumpamaan ini cerita yang mengalir dari teks anekdot akan lebih mudah dipahami dan juga lebih menarik. Dari segi kebenarannya tentu saja teks anekdot hanya bersifat perumpamaan Tetapi lebih mengutamakan pesan yang ingin disampaikan.

Pada kelanjutannya teks anekdot juga bisa dijumpai dalam satu kalimat saja yang merupakan akronim atau kependekan dari sebuah singkatan Misalnya saja adalah kata GINJAL yang merupakan susunan dari satu kalimat yaitu “ gaji ingin naik tapi kerjanya lambat” ada lagi kata-kata lain seperti ASMA yang memiliki makna yaitu “ asal mengisi absen “. Kata-kata tersebut tentu saja akan cukup menohok bagi mereka yang mungkin termasuk dalam kategori yang dimaksudkan dengan harapan nantinya seseorang yang membacanya akan lebih memperbaiki dirinya.
Sementara itu untuk Anda yang ingin menggunakan teks anekdot dalam bentuk cerita maka akan lebih bagus jika menggunakan model dialog antara dua orang atau tiga orang, dengan demikian orang akan lebih ringan dan tidak masa malas untuk membaca tulisan Anda tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *